Indonesian Headline News!


.

Kalo seandainya dilempar pertanyaan, kira-kira berita apa yang pas untuk menjadi Headline berita nasional saat ini?
Apakah tentang demo anarkis yang membuat Ketua DPRD Sumatera Utara terbunuh?
Atau tentang Maluku yang kembali membara dengan kerusuhannya?
Tentang adanya lagi kasus praja IPDN yang meninggal?
Tentang kasus Marcella Zalianty, atau tentang banjir yang merendam hampir semua daerah di Indonesia?

Kalo gw, gak akan milih berita-berita tadi. Ada berita laen yang menurut gw lebih pantas untuk dijadiin Headline supaya diketahui masyarakat luas, terlebih pemerintah yang berkompeten dalam masalah ini.
Masalah penggusuran! Ini selalu mengetuk hati nurani gw. Entah itu penggusuran rumah atau kios-kios pedagang kaki lima. Hati nurani, itu musti tetep dipake gw rasa. Jangan asal gusur, asal hancurin tanpa perikemanusiaan. Gw setiap ngeliat berita penggusuran, najis banget ngeliat tingkah Satpol-PP!!
Udah kayak orang hebat aja mereka. Maen hancurin, maen rusak, kadang-kadang juga maen pukul orang! Sama-sama gak punya hati dan otak, persis kayak atasan mereka yang udah menginstruksikan penggusuran itu!

Gw tau, semua penggusuran itu punya tujuan yang baik. Ada yang untuk mengembalikan fungsi daerah resapan, daerah terbuka hijau, atau untuk mengurangi penyebab-penyebab banjir.
Tapi apa gak ada sedikitpun pemikiran di otak para pemimpin yang hebat itu, bagaimana nasib mereka kemudian??
Kemana mereka musti berteduh, setelah rumah mereka digusur?
Bagaimana cara mereka mencari makan, setelah modal usaha mereka dihancurkan?

Terpikir gak seh hal-hal kayak gitu di otak pemimpin yang pastinya ada di kepala, bukan di dengkul atau pantat??
Yang bisa mereka lakukan cuma menyingkirkan penyebab-penyeba permasalahan. Tapi mereka gak mikir kalo ternyata ada efek yang menimbulkan permasalah baru dari penggusuran itu, bukan untuk pemerintah, tapi untuk mereka yang sudah menjadi korban penggusuran itu sendiri.

Kadang-kadang gw berpikir, kayaknya gak perlu deh yang namanya pemerintah. Pemerintah tuh apa seh, gak ada keberpihakan sama sekali ke rakyat miskin. Padahal yang lebih membutuhkan ya kaum miskin ini..Pemerintah, cape deh!!!