Bagas Habiskan Waktu Bermain Untuk Rawat Ibunya yang Idap Scleroderma


.



Remaja bernama Bagas Yanuarsa(13) ini benar-benar berhati besar. Di tengah teman seusianya yang sibuk bermain dan belajar, dia justru rela menghabiskan waktunya untuk merawat ibunda tercinta Muniroh (32) yang mengidap penyakit scleroderma.

Scleroderma adalah penyakit yang konon disebut manusia kayu. Akibat penyakit yang dideritanya ini, Muniroh tidak mampu melakukan aktivitas layaknya ibu rumah tangga normal.

Mereka sekeluarga tinggal di Dusun Gales, Desa Sideroje, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bersama sang adik Rizal Dwi Ananto(4), Bagas mau tidak mau harus menggantikan pekerjaan ibunya yang hanya bisa duduk dan berbaring.

Sebelum berangkat ke sekolah, biasanya Bagas dan Rizal harus mencuci piring, memasak bahkan mencuci pakaian. Sementara sang suami, Supriyanto (36), bekerja sebagai tenaga honorer di Pusat Pengembangan dan Permberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bidang Seni Budaya Yogyakarta, jarang pulang mengingat jarak Yogya dan Magelang yang cukup jauh.

"Suami saya pulang kadang tiga hari sampai lima hari sekali. Jadi selama ini hanya anak saya yang mengurus saya. Saya merasa kasihan dengan anak saya yang tidak bias bermain bersama anak-anak lainya," kisah Muniroh sambil meneteskan air matanya.

Kepada detickom, Bagas bercerita apa yang dia lakukan saat ini iklas untuk ibunya tercinta. Bahkan Bagas menganggap tugas-tugas ini bagian dari kewajibannya sebagai anak. Meskipun dia tidak menampik masa kecilnya tidak seindah teman-temannya.

"Saya rela melakukan ini semua. Mau bagaimana lagi, ibu sudah seperti itu. Saya yang merawat ibu, menggantikan baju, memandikan ibu. Semua itu saya lakukan hanya untuk ibu saya tercinta. Saya berharap pemerintah bisa membantu kondisi ibu saya," harap Bagas dengan nada memelas.

Seperti diberitakan sebelumnya, Muniroh sudah 4 tahun mengidap penyakit ini. Sayangnya pemerintah setempat justru terkesan lamban memberikan bantuan