Renungan Malam.....


.

8 Januari 2009
02:12 dini hari

Aku terbangun malam ini....Tumben banget memang, aku tertidur lebih awal. Biasanya jam segini aku masih belum tidur sama sekali. Tapi ternyata, meskipun sudah tertidur lebih awal, toh aku tetap terjaga ditengah malam yang sunyi....
Jam 00.50 dini hari, aku terbangun dari tidurku. Sejak saat itu aku tak sedikitpun merasakan kantuk. Hingga banyak hal melintas dalam ruang benak memoriku...
Kenangan demi kenangan semua bermunculan satu persatu, mengaduk-aduk perasaan dan membuat mual perutku. Bermula dari kenangan tentang salah satu sepupu dekatku yang sudah berpulang pada tahun 2000 silam. Aku tiba-tiba mengingat namanya, dan mengingat bahwa dia sekarang sendirian, karena seluruh keluarganya sudah meninggalkannya dalam istirahat abadinya, meninggalkannya untuk kembali kekampung halaman orang tuanya...Aku tak bisa berpikir, bagaimana keluarganya bisa begitu saja meninggalkannya jauh, dan melupakan semua kenangan tentangnya?
Aku tau, yang sudah pergi mungkin hanya tinggal nama...
Yang hidup, masih harus tetap menjalani hidup, bagaimanapun caranya...



Lalu aku terkenang dengan kampung halaman orang tuaku. Terkenang dengan masa-masa disaat aku masih kecil, disaat keluargaku masih utuh, dan disaat kami masih sering meluangkan waktu untuk melakukan tradisi pulang kampung setiap tahunnya...



Aku teringat dengan kampung dan rumah Pakdeku, yang selalu menjadi tempat persinggahan keluarga kami. Akupun terkenang dengan rumah orang tuaku yang bersandingan dengan rumah kakek-nenekku, yang kini aku sudah tak tau seperti apa bentuknya. Karena, pasca gempa bumi besar yang melanda Yogya dan Klaten, kabar yang aku dengar rumah itu sudah rata dengan tanah. Dan sekarang yang aku dengar, tanah dan bangunan yang tidak 100% utuh itu menjadi rebutan beberapa pihak keluarga Bapakku...Hufh..........

Banyak hal terlintas dalam benakku. Hal-hal yang tak sering aku ingat-ingat lagi semenjak perceraian orang tuaku pada pertengahan 1998. Semuanya aku coba kubur bersamaan dengan aku mengubur masa lalu kehidupan keluargaku...
Malam ini, tiba-tiba satu persatu kenangan itu muncuk dan mengaduk-aduk perasaanku..
Ada perasaan rindu dengan semua itu. Tapi seiring itu semua, ada perasaan sedih yang membayangiku, kenyataan bahwa semua tak lagi seperti dulu lagi...
Kenangan memang selalu menyakitkan. Kenangan buruk akan sangat menyakitkan untuk diingat dan disesali kenapa pernah terjadi. Tapi, kenangan terindah pun bisa jauh lebih menyakitkan, terlebih jika kita menyadari bahwa kenangan indah itu hanya akan menjadi kenangan yang tak akan pernah bisa terulang..........